Pages

Subscribe:

Labels

Jumat, 03 Februari 2012

Selamat Merayakan maulid nabi Muhammad SAW 1433 H

    (Kegiatan Maulid Nabi MI DAYA MUDA AL-ISLAM)
Oleh : NASIR AL HAMDAL, M.Pd.I (Kepala Madrasah Daya Muda Al Islam)

Maulid Nabi, setiap tahun kita rayakan, sebuah rutinitas yang seharusnya bisa kita ambil hikmah dan pelajaran untuk lebih memaknai hidup kita. Nabi Muhammad SAW lahir ditengah tengah kaum yang sedang kehilangan arah dan tujuan hidup, zaman jahiliyah biasa kita mengenalnya. Zaman kebodohan dan keterbelakangan, bodoh bukan karena tanpa pengetahuan dan terbelakang bukan karena kemiskinan, tetapi bodoh tidak bisa memaksimalkan karunia Allah SWT, Akal dan Kalbunya, untuk meniti jalan yang hak, miskin terhadap kemuliaan dan akhlak, terhadap sesama, dan terhadap alam dan lingkungan.
Bagi kita sebagai pendidik, sungguh teladan nabi adalah model yang bisa kita jadikan acuan dalam membimbing,mengasuh,mengarahkan anak didik kita, kesabaran, ketelatenan,dalam membimbing umatnya.Tidak ada perasaan capek,lelah dan bosan dalam menuntun umat-Nya. Selalu memberikan solusi bagi setiap permasalan umat.


Akhlak nabi adalah Alqur'an itu sendiri, sehingga nabi adalah "alqur'an berjalan", terhadap fakir miskin dan mereka yang papa sangat peduli dan lemah lembut, terhadap mereka yang terdlolimi nabi sangat keras dalam membela, nabi tidak akan pernah marah karena masalah pribadi, tetapi beliau akan tegas bersikap ketika terjadi penganiyaan terhadap umat, dan orang orang yang termarginalkan.
Adil adalah salah satu sikap dan prilaku nabi, sebagai warga bangsa Indonesia sungguh ini harusnya menjadi paltform kita dalam berbangsa, adil kepada siapapun tidak mengenal latar belakang etnis,suku,warna kulit,trah,hubungan darah bahkan agama. Karena "adil itu lebih dekat kepada taqwa".
Selamat merayakan maulid nabi,semoga kita bisa meneladani akhlak-Nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar